Rabu, 25 Agustus 2010

Tragedi spion motor

waduh jarang - jarang nih posting curahan hati......... ini kejadian baru tadi siang gue alami, yah karena nggak habis pikir aja, dimana hilangnya rasa malu kita sebagai warga Indonesia yang katanya sih berbudaya luhur, apalagi kalau ini dilakukan oleh karyawan negeri ini....., bingung khan ?, emang gue belum ceritain hehehe..........
Suasana Pengadilan yang ramai sejak pagi
Awal kekesalan ini dimulai pada pagi hari sabtu pagi 14 agustus 2010 kmaren, pada pukul 07.30 WIB, walaupun setiap sabtu biasanya nyonya-ku ( istri ) libur, namun sabtu itu dia dapat lembur, maklum karyawan swasta hehehe......... nah sebagai suami yang baik khan sudah seharusnya aku ngantar, maklum aja hari itu aku libur kerja.....setelah aku pulang ngantar, eh di perempatan ada razia polisi gabungan dari resort mojokerto, motor gue disuruh minggir, ya minggir aja pikirku wong surat - surat lengkap dan pakai helm ( karena biasanya males sih kalo pake helm takut gantengnya gak kliatan hehehe.........), pas ditanya pak petugas motorku lalu disuruh parkir di depan, gue tau " wah ada yang nggak beres nih, pasti ketilang ", terang aja SIM ama STNK diambil tanpa sang polisi bicara apa - apa gue disuruh ke meja tilang,  gue ikut aja, secara emang gak ngerti kena pasal apa?, pas sampai meja tilang si mbaknya ( polwan ) langsung nyolot "kesalahannya apa !!", " wah gak tau bu ", lho kamu ini gimana sih kok nggak tau !!!, waduh mimpi apa gue semalem, masih pagi dah dibentak - bentak orang, gak ingat apa ini bulan puasa hehehe....... "trus spion kamu berapa ?!!", "satu bu", "nah itu masalahnya....... gitu aja pakek muter - muter jawabnya", " waduh ketilang deh.........." , "sidangnya tanggal 25 ya?", " iya bu ", walau agak jengkel juga sih tapi tak apa emang gue yang salah, peraturannya emang gak bolehin pakek spion satu hihihihi........
Meja kosong, si hakim ngibrit entah kemana hehehe

tapi kejadian diatas adalah awal kejadian tadi siang yang njengkelin banget......... pas nebus surat tilang ( kayak surat dokter aja pake ditebus heheheh....... ), gue berangkat jam setengah sembilan karena gue pikir pasti disana cuma sebentar, tinggal ngambil trus pulang ( udah pengalaman karena sering ketilang hihihi..... ), tapi pas aku sampai disana ( pengadilan negeri mojokerto ) dah pada ngantri orang yang bernasib sama denganku, kalo gak salah sekitar 180 orang kurang lebih, "wah bakalan lama nih nunggu sidang " pikirku, secara pada saat itu sidang sedang berjalan, yang ngantri sampai ke halaman - halaman depan dan belakang pengadilan, sekitar jam 11.30 WIB, sidang dihentikan katanya udah selesai, tapi masih banyak yang ngantri katanya sih belum dipanggil, ya termasuk gue, banyak yang protes sih katanya yang dipanggil gak berurutan nomornya jadi membingungkan para terdakwa ops!!, kayak kriminal aja???, gue sebut tilangers aja deh biar agak kerenan dikit hahaha..., nah pas jeda waktu itu nggak tau kenapa, mungkin dah capek hakimnya karena dah menghakimi dari pagi tadi hehehe, dengan alasan supaya cepat selesai maka para tilangers disuruh ngumpulin blangko merah ( surat tilang ) di depan meja hakim, tar janjinya akan dipanggil nama satu - satu supaya cepat, tapi setelah blanko merah ngumpul, tanpa alasan apa - apa hakimnya langsung keluar dan katanya ntar di cariin dulu oke....... kok gini jadinya........ setelah lama nunggu eh si hakim nongol dengan bawa STNK sitaan dan manggil nama yang ada di STNK itu, tapi yang bikin gemes adalah sekarang dendanya jadi naik, waduh........ kalau pagi tadi denda pelanggaran spion cuma Rp.25.000, sekarang jadi Rp.50.000, wekz.... apa pasal........pakek acara naek- naekin tarif eh denda se enak dengkulnya gini, pas ditanya alasannya apa kok dinaekin dendanya khan sama - sama nunggu dari pagi, masa' pagi ke siang  gak sama dendanya jawabnya kurang memuaskan dan seakan dibuat - buat, katanya buat komisi nyariin karena susah nyari satu - satu, otomatis banyak banget yang memprotes ........ walaupun begitu yang kepanggil namanya tetap aja nebus denda dengan Rp.50.000, walopun dengan kurang ikhlas........ yang jadi pertanyaan gue?, kok nggak malu mereka minta tambahan denda yang telah ditetapin, taruh dimana tuh muka yang katanya para penegak hukum tapi sama uang gilanya minta ampun......  Ya Alloh.......

Setelah didesak sama para tilangers yang keberatan dengan denda segitu selama satu jam setengah ( bayangin pake markus atau calo aja tarifnya Rp.60.000 ), akhirnya mereka ( petugas pengadilan, termasuk hakimnya ) ngalah dan sepakat di harga Rp.30.000 dan ngancem kalo mau ke denda Rp 25.000 bisa ikut sidang minggu depan, akhirnya gue tebus juga daripada nggak pulang STNK-ku, bayangin gue berjuang buat ngambil STNK yang ketilang gara - gara kaca spion aja dari jam 09.00 WIB sampai jam 02.00 WIB, artinya enam jam di pengadilan dipermainkan oleh para bapak - bapak pegawai pengadilan yang terhormat, banyak para tilangers yang mbatalin puasa karena capek, marah, dan mungkin aja emang gak puasa hehehe, parah banget pengadilan mojokerto, kalo dibandingin kalo kita nebus surat tilang di daerah jombang atau sidoarjo, jadi gue saranin jangan sampek ketilang di mojokerto, kalo tempat lain gpp hehehehe....... bukannya apa - apa,  ruwet banget nebus dendanya hehehe.............
Para tilangers yang protes didepan kantor hakim

Tapi sampai sekarang yang gue sesalin adalah para oknum ( kalo nggak mau dikatain semua, pada gengsi kalo ngaku hahahaha.....) petugas pengadilan yang seakan - akan mengambil keuntungan diatas penderitaan orang lain, gimana bisa maju negara ini, kalo mereka aja makan duit kotor......... gak berani bayangin gue, benar - benar bobrok birokrasi negara kita, bangsa ini emang sedikit demi sedikit hancur ditangan kita sendiri..............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar